Hukum Orang Yang Menyatakan Surga Kekal, Neraka Punah

Hukum Orang Yang Menyatakan Surga Kekal, Neraka Punah

assalamualaikum ustad,

Saya ingin bertanya tentang Yusuf Qardhawi. Kita semua menghormati beliau dan banyak menggunakan fatwa-fatwa beliau. Saya menemukan berita tentang beliau yang membuat saya kaget. Di internet saya menemukan bahwa Yusuf Qardhawi mengatakan bahwa neraka akan punah, berikut link video ucapan beliau nya https://salafytobat.wordpress.com/2011/12/31/perkataan-kufur-ibnu-taymiyah-ibnu-qayyim-wahabi-dan-yusuf-qardhawi-neraka-akan-punah/

Yang saya yakini, neraka akan kekal. Tapi pernyataan Qardhawi tersebut membuat saya bingung.

Pertanyaan saya :

1. Saya tidak bisa berbahasa Arab, Benarkah terjemahan ucapan Yusuf Qardhawi di situs tersebut yang menyatakan bahwa neraka akan punah?

2. Jika benar Yusuf Qardhawi berkata seperti itu, apakah masalah Neraka kekal atau akan punah menjadi perdebatan ulama (belum ijma’)?

3. Jika Ulama sudah Ijma bahwa neraka kekal, Apakah pernyataan “Neraka akan punah” mengakibatkan kufur? Jika benar seperti itu apakah Yusuf Qardhawi Kufur ?(Naudzubillah)

4. Jika benar Yusuf Qardhawi kufur karna pendapat ini, Bagaimana dengan fatwa-fatwa Qardhawi yang lain, apakah masih bisa diikuti?

Terima kasih, wassalamualaikum.

JAWABAN

1. Apa yang diterjemahkan oleh pemilik blog itu benar sesuai yg dikatakan Qardhawi dalam video tersebut.

2. Pada dasarnya Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim dan Yusuf Qardawi tidak termasuk ulama yang terhitung dalam soal ijmak ulama. Ijmak ulama biasanya mengacu pada kesepakatan empat madzhab fiqih (Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hanbai) dan atau ulama fiqih dari kalangan generasi salaf (Sahabat & Tabi’in).

3. Ijtihad ulama yang memiliki kapasitas keilmuan tinggi seperti Yusuf Qardhawi dilindungi oleh hadits yang menjamin bahwa ijtihad ulama itu walaupun salah mendapat satu pahala. Jadi tidak kufur. Namun masyarakat awam harus menghindari dari pendapat yang tidak umum (syadz). Baca detail: Ijtihad

4. Tetap masih bisa diikuti. Dalam soal fiqih mayoritas pendapat Yusuf Qardhawi termasuk moderat dan condong ke madzhab empat. Sebagaimana Wahbah Zuhaili dan lainnya. Ini berbeda dengan pandangan kalangan Wahabi Salafi yang cenderung non-madzhab baik secara fiqih maupun aqidah.
Baca detail:
Sikap FPI atas Wahabi Salafi dan Syiah
Beda Wahabi Salafi, Jamaah Tabligh, HTI dan Syiah