Cara taubat dari pikiran kufur

Assalamu’alaikum…

Saya ingin bertanya, apakah masih ada ampunan untuk seseorang yang pernah mengucapkan kata-kata kufur maupun pernah ada keraguan dalam dirinya yang bisa membawa kepada kekufuran..? dan bagaimana caranya untuk bertaubat dan memohon ampun dari hal (kekufuran) tersebut..? apakah masih terbuka pintu ampunan..? bila hal tersebut terjadi, bagaimana cara kembali agar tetap dinilai oleh ALLAH sebagai muslim dan mukmin..?

Mohon jawabannya, terima kasih.. Semoga ALLAH membalas dengan kebaikan.. Aminn…

JAWABAN

Sebesar apapun dosa seseorang, termasuk dosa kufur sekalipun, kalau ia bertaubat pada Allah maka dosanya akan diampuni. Selagi taubatnya itu dilakukan saat ia masih hidup. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

Allah menjamin akan menerima taubat seseorang selagi taubatnya dilakukan saat dia masih hidup. Dalam QS An-Nisa 4:17-18 Allah berfirman:

إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِن قَرِيبٍ فَأُولَٰئِكَ يَتُوبُ اللَّهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا (17) وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّىٰ إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الْآنَ وَلَا الَّذِينَ يَمُوتُونَ وَهُمْ كُفَّارٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا (18)

Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (4:17)

Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan : “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang”. Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih. (4:18)

Dalam sebuah hadits sahih (li ghairihi) Nabi bersabda:

إِنَّ الله عزَّ وجَلَّ يقْبَلُ توْبة العبْدِ مَالَم يُغرْغرِ

Artinya: Allah akan menerima taubat hambanya selama napas belum sampai di tenggorokan. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Baihaqi, Tabrani).

Kalau memang anda pernah melakukan tindakan yang berakibat kufur atau murtad maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengikrarkan dua kalimah syahadat sebagai awal kembali ke Islam. Baca detail: Cara Masuk Islam bagi Kafir dan Murtad

Baca detail:
Penyebab Murtad
Hukum Murtad

Agar supaya taubat anda semakin kokoh, maka hendaknya anda barengi taubat anda ini dengan menambah ilmu-ilmu dasar Islam dari kitab-kitab Ahlussunnah Wal Jamaah (non-Wahabi). Baca detail: Ilmu Dasar Islam

Dan agar pertaubatan anda ini tidak salah jalan, hindari bergabung atau membaca bacaan-bacaan kelompok radikal seperti Wahabi dan Hizbut Tahrir. Baca detail: Beda Aswaja, Salafi Wahabi, Hizbut Tahrir, Jamaah Tabligh

MENGHILANGKAN SIFAT TERCELA MUNAFIK, FASIQ, ZALIM

Asalamu’allaikum.. wr wb..
Ustadz.. Mau tanya.. bagaimana menghilangkan sifat2 tercela dalam diri seorang muslim.. seperti sifat Munafik, Fasik, Dzolim.?
Karena bagaimanapun sifat2 ini tidak di ridhoi oleh Allah SWT..
Mohon jawabannya..

JAWABAN

Ketiga sifat itu dapat dihilangkan dengan dua tahap.
Pertama, niat yang kuat untuk menghilangkannya. Ketiga sifat itu adalah sifat yang buruk dan diperintahkan oleh Allah untuk bertaubat darinya dengan taubat nasuha. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

Kedua, mengetahui apa saja perbuatan yang termasuk dalam tiga sifat tersebut. Untuk itu maka anda perlu membaca kitab fikih, akidah dan tasawuf. Karena tanpa mengetahui kriterianya, anda akan mudah terjatuh ke dalamnya. Baca buku-buku tersebut di link berikut:

KITAB FIKIH

Matan Taqrib
Fathul Qorib

KITAB AKHLAK DAN TASAWUF

Sullamut Taufiq
Bidayatul hidayah
Ta’limul muta’allim

KITAB AQIDAH

Aqidatul Awam
Aqidah Sanusiyah

CARA MASUK ISLAM KARENA MURTAD

1.di alkhoirot disebutkan urutan masuk islam bagi orang murtad adalah membaca syahadat,mandi junub,taubat.jika seseorang yng murtad ingin masuk islam lalu sudah membaca syahadat lalu ketika akan mandi junub dia kencing dulu,apakah proses masuk islam orang tersebut harus mengulang dari membaca syahadat?
2.jika orang yang sholat kentut maka sholatnya tidak sah dan harus diulang,jika orang yang taubat dari dosa murtad saat taubat melakukan kentut apakah taubatnya tidak sah dan harus diulang?

JAWABAN

1. Tidak perlu. Itu sudah sah.
2. Sudah sah dan tidak harus diulang. Baca detail: Cara Masuk Islam bagi Kafir dan Murtad

MENGATASI WAS-WAS DAN KERAGUAN AKAN NAJIS

pikiran lemah mudah berubah dari yang pasti menjadi tidak pasti dalam perkara kenajisan. sehingga kesulitan dalam mengambil keputusan, dan diiringi rasa takut sangat berat ketika melakukan di atas perkara itu (yakin dan tidak yakin)

tolong ustad saya minta nasehatnya dari masalah yang saya alami di atas.

JAWABAN

Sudah dijelaskan berkali-kali bahwa hukum asal segala sesuatu adalah suci. Dan kesucian itu tidak berubah najis oleh keraguan. Suci berubah najis hanya oleh adanya fakta adanya najis yang bisa dilihat oleh mata. Di luar itu, maka status tubuh dan pakaian adalah suci, walaupun ada keraguan atau asumsi najis.
Baca detail:
Ragu Najis Anjing
Was-was Najis Anjing

CARA BAYAR HUTANG KE PERUSAHAAN

Assalamualaikum ,

Ada saudara yang pernah dipercaya memegang keuangan karena sesuatu hal yang bersangkutan meminjam uang yang dipercayakan ,selang beberapa saat yang bersangkutan diganti oleh orang lain sehingga yang bersangkutan belum bisa mengembalikan uang yang dia pinjam , yang bersangkutan ingin mengembalikan uang tersebut tetapi tidak kepada yang menggantikannya karena malu ,apakah uang tersebut bisa dishodaqohkan bagaimana caranya dan niatnya ,karena yang bersangkutan takut diakherat nanti terima kasih wassalam

JAWABAN

Kalau hutang pada perusahaan, maka melunasinya juga pada perusahaan. Entah bagaimana caranya, yang jelas uang dipinjam harus masuk ke perusahaan atau pada pemilik perusahaan. Baca detail: Hutang dalam Islam

Melunasi hutang dengan cara sedekah ke fakir miskin itu dibolehkan apabila dalam keadaan darurat seperti pemilik uang atau ahli warisnya (apabila pemilik sudah wafat) tidak diketahui lokasinya. Baca detail: http://www.alkhoirot.net/2015/03/cara-bayar-hutang.html

BISIKAN DOSA KUFUR, APA MENYEBABKAN MURTAD?

Assalamu’alaikum.saya adalah seorang muslim.saya ingin bercerita.saat keadaan mood (pikiran) saya sedang buruk,kadang di pikiran atau hati saya entah karena sengaja atau tidak sengaja ada pikiran menghina Allah tapi pikiran yang menghina Allah belum saya ucapkan,berdasarkan cerita saya,apakah saya telah mendapat dosa murtad atau saya belum mendapat sosa murtad?

JAWABAN

Tidak. Kalau bisikan menghina itu timbulnya dalam hati dan berasal dari was-was dan tidak terus menerus, maka itu dimaafkan.

Nabi bersabda dalam hadits sahih riwayat Bukhari dan Muslim:

إن الله تجاوز عن أمتي ما حدثت به أنفسها ما لم تعمل أو تتكلم.

Artinya: Allah memaafkan umatku atas bisikan hatinya selagi tidak dilakukan atau tidak diucapkan.
Baca detail:
Was-was murtad
Penyakit OCD

You may also like
Latest Posts from Islamiy.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *