Islamiy.com

Situs konsultasi Islam online.

Hukum bersalaman dengan lawan jenis

Hukum bersalaman dengan lawan jenis

BERSALAMAN DENGAN LAWAN JENIS

Assalamualaikum kyai saya mau tanyaa?
Misalkan Di Hari Lebaran itu Kan biasanya bersalam salaman bahkan dengan yang bukan mahram sekalipun…..nah kalo di terima salamnya kan jelas gak boleh menyentuh yg bukan mahram dan apabila salamnya tidak diterima takut dibilang sombong atau sok suci lah
Jadi gimana kyai untuk masalah itu???
Terima kasih kyai

JAWABAN

Hukum syariah harus didahulukan dari hukum sosial. Apalagi ‘takut dibilang sombong’ itu masih asumsi anda saja. Bisa saja mereka justru akan lebih respek apabila anda disiplin dan konsisten mengamalkan hukum syariah. Baca detail:

Di luar masalah tidaksalaman dengan lawan jenis, tentu sikap anda pada mereka tidak boleh kaku. Harus menunjukkan sikap supel dan mudah bergaul. Itu akan menjadi kompensasi bagi anda agar tidak dianggap sombong. Dengan kata lain, label ‘sombong’ itu akan disematkan pada seseorang bukan karena satu faktor tapi oleh banyak faktor. Yang paling prinsip terletak pada sejauh mana kita menunjukkan karakter yang baik saat berinteraksi. Dan tidak salaman pada lawan jenis hanyalah faktor yang sangat kecil.

Baca detail: Hukum salaman dengan lawan jenis

MADZHAB DALAM ISLAM

Saya mau tanya perihal mazhab-mazhaban, yang menjadi pertanyaan saya adalah:

1. mazhab apa yang dianut oleh Yusuf Qaradhawi, dan apakah Yusuf Qaradhawi telah melakukan talfiq yang dilarang. Bukan hanya itu, saya ingin menanyakan tentang pandangan ulama kontemporer tentang bermazhab,

2. Apakah wajib bertaklid kepada salah satu daripada empat imam mazhab atau boleh bertaklid kepada ulama kontemporer dalam hal yang tidak berkaitan dengan ibadah (muamalah), karena yang saya dengar adalah harus bertaklid kepada salah satu dari empat mazhab dalam ibadah, sedangkan boleh bertaklid kepada ulama kontemporer dalam hal muamalah.

Jazakullahu khairan katsiran

JAWABAN

1. Yusuf Qardhawi adalh penganunt Ahlussunnah Wal Jamaah dalam arti luas: yakni dia bukan penganut Syiah. Namun dalam arti yang lebih sempit, ia pengikut Aswaja dalam sebagian aspek saja. Baca detail:

2. Tidak wajib bertaklid pada satu madzhab tertentu bagi orang awam. Baca detail: Orang Awam Tidak Wajib Ikut Satu Madzhab

Namun mengikuti satu madzhab itu lebih mempermudah terutama cara beribadah.

TANDA KEMATIAN

Assalamualaikum pak ustad mau tanya apakah tanda2 kematian yang beredar di internet yang 100 hari sebelum kematian akan merasakan ini itu dan semacam nya dilanjutkan ke tanda 40 hari sebelum kematian dan seterusnya apakah tanda2 itu benar pak ustad karena setelah membaca artikel tersebut saya menjadi ketakutan terutama di waktu ashar karena disebutkan bahwa tanda2 kematian itu hanya muncul di waktu ashar, Mohon jawabannya pak ustad terima kasih assalamualaikum wr wb

JAWABAN

Tidak benar. Baca detail: Tanda kematian dalam Islam

HUKUM KB SPIRAL

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ustadz, bagaimana hukumnya menggunakan KB ? Jenis KB spiral bolehkah dipakai ustadz? Dan jika yg memasang KB spiral adalah dokter perempuan bagaimana ustadz? Terimakasih.

JAWABAN

Hukum KB secara umum adalah boleh. Termasuk KB spiral. Baca detail:

HUKUM MEMAKAI BEHEL

Assallamuallaikum wr. wb.

Saya ingin bertanya, gigi bagian rahang bawah saya ada dua yg tidak rapi sehingga kalau saya berbicara agak kurang jelas karena saya tidak pede menampakkan gigi bagian bawah saya.

Apakah hal itu sudah termasuk cacat gigi sehingga diperbolehkan memakai behel gigi? Sementara dari segi kesehatan tidak ada yg mengganggu, hanya letaknya saja tidak rapi.

JAWABAN

Boleh. Itu termasuk kategori sakit sampai tidak bisa bicara dengan baik dan kurang pede. Baca juga:

Kembali ke Atas