Kirim pertanyaan via email ke: alkhoirot@gmail.com

     

Islamiy.com

Situs konsultasi Islam online.

Hukum memakai nama Kristen

Hukum memakai nama Kristen

11. Baik saya dan istri, ada unsur nama yang terlarang dalam nama kami. Dalam nama saya ada partikel “Christ…” sementara dalam nama istri ada nama “Januari”. Setau saya nama-nama ini dilarang, tapi untuk menggantinya sulit sekali karena akan berpengaruh pada akta, buku nikah, ijazah, dan lainnya. Apa yang harus kami lakukan? Saya takut ini ada dampak hukumnya dalam Islam.

9. Senada dengan no. 8. Saya juga membenci pembantaian dan penangkapan paus, lumba-lumba, dan sejenisnya, karena menurut saya mereka adalah binatang terancam yang jumlahnya terus menyusut, dan setahu saya, dalam Islam, merusak lingkungan diancam adzab Allah. Tapi kemudian saya tahu, mereka halal dimakan, bahkan Rasulullah pernah makan daging paus. Seingat saya yang saya tentang adalah pembantaiannya, saya bukan mengharamkan dagingnya. Walau saya pernah jijik melihat penjualan daging lumba-lumba, apalagi karena kadar merkuri yang tinggi. Saat itu saya juga tidak pernah berpikir paus dan lumba-lumba termasuk dalam bangkai laut (yang halal), dikarenakan mereka mamalia. Saya juga saat utu belum membaca hadits yang meriwayatkan Rasulullah makan daging paus.
Apakah saya berdosa murtad karena mengharamkan yang halal?

10. Saya juga pernah berpikir kodok halal dimakan. Karena sempat diajari bahwa yang haram hanyalah yang diharamkan secara zhahir dalam Qur’an, selainnya yang disebut haram dalam hadits dihukumi makruh. Sekarang sudah belajar. Namun bagaimana dampak hukumnya saya dulu?

12A. Bolehkah memberi nama anak dengan nama yang populer di masyarakat kafir, tapi tidak berkaitan dengan kepercayaan? Anak sulung saya bernama Keaton, sementara anak kedua saya bernama Kenzo. Apakah diperbolehkan?

12B. Saya dulu salah hingga memberi nama tengah anak sulung saya “Nanterra”. Dulu setau saya itu artinya tanah lapang yang disucikan, ternyata itu adalah nama biara di Perancis. Haruskah saya ganti secara hukum? Memang saat itu saya ada membaca arti nama tersebut adalah tanah di depan kuil/biara (vast yard before shrine), tapi sumber lain hanya menyebut seperti sangkaan saya, sehingga saya menggunakannya. Istri saya tidak ikut meriset, dan kami tidak pernah menyebut nama tengahnya sejak kami tahu arti sebenarnya. Apakah saya dan istri murtad karena memberi nama demikian pada anak kami?

12C. Apakah nama Allah Al-Lathif boleh dipakai manusia tanpa alif lam, tanpa kata Abd’? Kami terlanjur memberi tengah anak kedua kami dengan nama itu. Saat itu kami hanya berpikir arti nya ‘halus’ dan kami menggunakannya tanpa ilmu. Apakah kami murtad karena melakukan hal tersebut?.

JAWABAN

11. Christ adalah bahasa Inggris dari gelar yang diberikan pada nama Nabi Isa (dalam bahasa Arab dan Indonesia disebut Al Masih / juru selamat, mesiah). Bisa juga menjadi kependekan dari Christian (Kristen, Kristin). Sedangkan Januari adalah nama bulan. Kedua nama itu tidak termasuk nama yang dilarang untuk digunakan dalam Islam. Kata Al Masih bahkan disebut dalam Quran Surah Ali Imron 3:45

إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِّنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

Artinya: (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih ‘Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)

Adapun nama yang dilarang adalah nama yang memiliki makna khusus bagi Allah saja seperti Allah, Rabbu, Quddus, dll. Atau nama yang buruk maknanya seperti Sayidun Nas (tuan umat manusia), dll. Baca detail: Memberi Nama yang Baik Bagi Anak

9. Tidak apa-apa. Seperti disebutkan di no. 8, perkara mubah itu boleh memilih antara melakukan dan meninggalkan. Sikap tidak melakukan itu bisa dalam bentuk pasip, atau aktif seperti tidak menyetujui secara sosial.

10. Kodok termasuk perkara yang terjadi khilafiyah (perbedaan ulama). Dalam madzhab Maliki dibolehkan.Termasuk sama dengan kodok adalah bekicot. Namun jumhur (mayoritas) ulama mengharamkannya. Jadi, kalau anda berpikir kodok halal itu tidak salah.
Baca detail:
Hukum Kodok
Hukum Bekicot Tawon Semut

12a. Boleh. Baca detail: Memberi Nama yang Baik Bagi Anak

12b. Tidak apa-apa. Sekali lagi, Islam tidak membuat larangan khusus untuk nama apa yang haram kecuali yang terkait dengan nama dan sifat Allah (asmaul husna). Baca detail: Memberi Nama yang Baik Bagi Anak

12c. Latif bukan termasuk nama yang khusus untuk Allah, jadi boleh digunakan tanpa kata ‘abdu’ Baca detail: Memberi Nama yang Baik Bagi Anak

Kembali ke Atas