STATUS ANAK YANG ORTUNYA NIKAH SAAT HAMIL ZINA

Assalamualaikum
Sy sdh menikah 6thn dgn wali nikah ayah kandung,ternyata sy baru tau klo sy anak hasil zina, sdgkn sy sdh punya 2 anak..1 laki dan 1 perempuan. Bagaimana status pernikahan sy dgn suami apakah slama ini sah?n apakah hrs diulang ke wali hakim?dan bagaimana status anak2 saya? Ortu Menikah saat ibu hamil tp umur kehamilan brp nya yg tdk jelas..
Tlg pencerahannya ustadz.

Wassalamualaikum

JAWABAN

Pertama, hukum nikah orang tua anda sah dan tidak perlu diulang saat anak lahir. Baca detail: Menikahi Wanita Hamil Zina, Bolehkah?

Kedua, karena nikahnya sah maka anak yang dikandung juga bernasab pada pria yang menikahi yang kebetulan adalah ayah biologis si anak. Maka, si ayah berhak jadi wali nikahnya kelak apabila anaknya perempuan. Baca detail: Status Anak Pernikahan Wanita Hamil Zina

MASALAH KELUARGA: AYAH KDRT IBU SETELAH DEKAT DENGAN JANDA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh pak kiyai mohon maaf sebelumnya . Saya tahu bahwa menceritakan yang jelek2 itu tidak baik. Hanya saja saya di ambang kebingungan semoga kiyai bisa menjawab persoalan-persoalan saya,

Ayah saya dulunya baik2 aja dengan ibu saya , akan tetepi ayah saya berubah sikap dll semuanya berubah bahkan bisnisnya hancur ketika ayah saya mulai mau menikahi janda . Bahkan bersikap kasar juga bukan hanya kata2nya yang menyakiti tapi tindakannya juga secara fisik kasar sekali , seperti memukul dll hal itu kerap beliau lakukan kepada ibu saya bahkan waktu ibu saya hamil pun sering mendapatkan kekerasan fisik,

dulunya Ayah saya lembut, melindungi, rajin sholat dll dihormati dll, akan tetapi skg semuanya berubah ketika ayah saya mulai memaksakan untuk menikahi si janda . Saran orang2 ga masuk, di ingatkan ga mau , apa aja dah seolah-olah sendiri yang benar tanpa melihat sisi lain, dan skg yang menjadi dampak adalah Abang saya yang masih kuliah, karena perekonomian juga merosot bahkan bisnis beliau ga jalan, masa depan 2 adekn saya yang belum jelas, yang bentar lagi pengen di masukkan ke pesantren otomatis butuh biaya juga .

Adek saya yang masih kecil juga. Dan termasuk saya sendiri, saya masih kuliah baru semester 1, saya kuliah di Jakarta pak yang apa2 mahal, akan tetapi yang ayah saya pikirkan bukan mau usaha apa tetapi mau minjam dimna , saya kecewa .

Ketika saya berusaha melahirkan ide2 untuk bisns kurang di apreasiasi , visi misi sya buat bisnis adalah menyelamatkan perekonomian keluarga dan masyarakat setempat. Tetapi kurang apreasiasi , sya melihat ayah saya kurang optimis bahkan ucapan dan fikiran cenderung banyak negatif , inilah dampak dari beberapa tahun yang lalu yang sangat memaksakan untuk menikahi si janda akhirnya seperti ini,

kemarin ayah saya bilang “Uda berhenti aja kuliah” Uda aku gagal aja gappa” begitu yang di ucapkan ayah saya bukannya kasi support dll.

Tolong bantuannya pak kiyai, saya bimbang , saya takut melanjutkan kuliah tapi beliau ga ridho, tapi saya yakin beliau mengucapkan seperti itu karena putus asa, kuliah saya di ESQ Business School pak milik pak Ary saya disini lumayan karena di ajarkan spiritual dan emosi, saya punya visi misi dimana saya dapat mewujudkan desa emas , membantu mereka yang tak dapat melanjutkan pendidikan karena perekonomian, membantu perkembangan perekonomian, kalo saya berhenti kuliah gimana visi misi saya pak kiyai . Bahkan keluarga saya pun belum jelas , tujuan saya bisnis juga untuk membantu tapi ga ada dukungan, saya tak ingin jadi anak yang durhaka juga mohon pak kiyai bantuannya. Terimakasih banyak
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

JAWABAN

Dalam hidup kita harus belajar melihat realitas. Termasuk realitas ekonomi. Kalau masih memungkinkan secara biaya, maka silahkan dilanjut kuliahnya. Baik dengan biaya dari orang tua atau biaya sendiri. Tapi apabila tidak memungkinkan secara biaya untuk melanjutkan kuliah, maka sebaiknya berhenti dahulu. Cari kerja dulu dan menabung. Kelak kalau sudah cukup tabungan, maka kuliah bisa dilanjutkan. Itulah kompromi hidup. Yang terpenting, dalam kondisi demikian, kita tidak putus asa dari mengharap rahmat dan kasih Allah dan tidak putus harapan dari kehidupan yang lebih baik ke depan.
Baca juga:
Akhlak Mulia
Akhlak Rasul dan Para Sahabat

BERCUMBU DENGAN ISTRI SAAT NIFAS

Assalamualaikum
Mohon maaf sebelumnya…pa ustadz saya mau nanya bagaimana hukum nya bercumbu dan di onanikan istri pada saat nifas belum 40 hari…terima kasih

JAWABAN

Tidak apa-apa. Boleh. Yang dilarang apabila bersetubuh. Baca detail: Bersetubuh saat Haid

Baca juga: Wanita Nifas, Haid, Istihadah

TALAK: MENYANYI ADA KATA CERAI APA JATUH TALAK?

Assalamualaikum ustadz nama saya Nabil, ustadz saya sudah membaca artikel di web Alkhoirot https://www.islamiy.com/cerita-talak-apakah-jatuh-cerai/ kasusnya hampir sama seperti saya bedanya yang menyanyi saya
Yang saya mau tanyakan :
1. Saat saya dan suami mendengarkan lagu saya ikut menyanyi yang liriknya ” aku mohon lepaskan diriku kutakmau kamu jadi ter abaikan segala kekurangan kita menjadi alasan untuk aku berpaling darimu aku yakin kau berhati besar untuk merelakan diriku dengannya aku benar benar cinta benar benar cinta padanya ” memang saya nyanyi sambil senyum senyum ustadz seperti menggoda suami saya ( kadang suami saya juga sebaliknya nyanyi seperti itu buat goda saya karena memang lagu ini dulu favorit kami ) . Karena dasarnya kita orangnya suka bercanda dan suka goda bikin cemburu . Lalu suami saya nyautin ” cinta sapa pean devon ta? Saya jawab ” ya kamu yank ” sepertinya suami bilang ” ya gak papa sih kalau cinta devon ” ( saya lupa kata katanya ustadz karena sudah lama ) Saya dan suami jadi menyesal sekarang sering godain seperti itu karena Jujur saja waktu itu kita gak tau kalau kemungkinan berakibat talak karena minim ilmu agama dan asal nikah . Apa yang saya ceritakan di atas apa berakibat talak ustadz 😭?

2. Memang waktu itu saya berhubungan sama mantan tapi gak sampai keluar atau jalan cuman komunikasi lewat sosial media aja tapi suami gak tau . Tapi pada waktu nyanyi itu saya gak ada niatan untuk cerai ustadz meskipun ada perasaan sedikit masih cinta sama mantan karena terbawa suasana . Cuman memang pas dengerin lagu gak ada niatan untuk cerai cuman godain suami aja karena bagaimanapun saya lebih mencintai suami saya .
Saya jadi takut ustadz . Ucapan / tanggepan suami juga saya lupa pas nyanyi nyanyi itu karena kita memang suka dengerin lagu terus nostalgia lagu lagu jaman pacaran dan waktu putus jadi lagunya galau .apa jatuh talak ya ustadz

3. Waktu saya baca artikel yang saya cantumkan si penanya kan sadar takut terjadi talak dan langsung berhenti nyanyi . Tapi kalau saya dan suami memang gak kepikiran kesitu ustadz dipikir juga cuma nyanyi seru seruan dan gak bertengkar kadang suami tuh ada lagu kenangan yang ada kata pisah / putus dll suami bilang gini . Kayak kisah kita ya yank ( maksud suami waktu pacaran ) tapi suami gak ngucapin ” kayak kisah kita dulu ya yank ” ini bagaimana hukumnya ustadz ? Asli saya jadi benar benar kepikiran ustadz setalah tahu hukum hukum talak

Mohon solusinya ustadz

JAWABAN

1. Tidak berakibat talak.

2. Tidak terjadi talak.

3. Tidak jatuh talak.

CATATAN:

Ucapan talak itu baru berakibat jatuh talak apabila suami mengucapkan itu dengan disengaja untuk mentalak istrinya. Oleh karena itu, ucapan yang mengandung kata talak tapi dalam konteks bercerita atau bernyanyi, maka sama sekali tidak berakibat hukum apapun. Lihat artikel di link-link berikut untuk kasus-kasus yang jatuh talak walaupun ada perkataan ‘talak’ oleh suami:

Cerita Talak
Talak orang Awam Hukum
Ucapan Talak yang Keceplosan

You may also like
Latest Posts from Islamiy.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *