Hukum tidur menghadap ke kanan

Assalamualaikum wr. wb. ustad/ustadzah.
saya ingin bertanya, kan seperti yg sudah kita ketahui posisi tidur yg dianjurkan adalah menghadap ke kanan untuk menghindari hal2 buruk yg dilakukan jin dan untuk kesehatan.
tetapi, saya punya penyakit skoliosis di punggung sebelah kanan saya dan saya dianjurkan tidur telentang supaya kemiringan tulang saya tidak bertambah.
jadi apakah tidak apa2 jika saya tidur dgn cara telentang karena ada suatu alasan?
mohon penjelasannya.
wassalamualaikum wr.wb

JAWABAN

Tidak apa-apa. Tidur menghadap ke kanan itu hanyalah anjuran yang bersifat sunnah dalam arti mendapat pahala apabila dilakukan dan tidak berdosa apabila ditinggalkan. Jadi ia bukan kewajiban.

Kesunnahan tersebut berdasarkan pada hadis sahih muttafaq alaih Nabi bersabda sbb:

«إذا أتيت مضجعك فتوضأ وضوءك للصلاة، ثم اضطجع على شقك الأيمن…» الحديث.

Artinya: Apabila engkau hendak tidur maka berwudhu’lah seperti wudhu’mu untuk shalat lalu tidurlah dalam posisi menghadap ke kanan.

Perintah dalam hadis tersebut berimplikasi sunnah, bukan wajib. Baca detail:

MENYUCIKAN MADZI DI BAJU BASAH

assalamualaikum, kalau pakaian yang basah dan terkena madzi bagaimana membersihkannya? terimakasih

JAWABAN

Kalau letak madzinya diketahui, maka cukup dengan cara menghilangkan madzinya dan kemudian disiram air di tempat tersebut. Baca detail: Menghilangkan najis

NAJIS DI JALAN

Assalamu’alaikum
Saya mau bertanya soal fiqih dan kebingungan yang saya rasa
1. Saya bersepeda disekitar bekas tambang tanan, kemudian saya melewati jalan tanah yang mana disitu ada bekas kaki hewan dan saya kemudian berpikir itu jejak kaki anjing. Apakah sepeda saya terkena najis mugholladzoh?
2. Jika seandainya bekas kaki anjing, Apa hukum bekas jejak kaki anjing dijalan tanah?
3. Kemudian saya pernah kencing di celana karena tidak kuat menahan rasa ingin kencing dan ternyata di saku celana itu ada kunci kamar. Ketika saya lihat ternyata dibagian saku itu juga basah kena air kencing. Nah apakah kunci kamar tadi juga najis? Soalnya tidak saya cuci dengan air.
4. Jika memang najis bagaimana jika selama ini kunci itu sudah pernah dipegang apakah najisnya menular kemana mana? Saya was was sudah menularkan najis ke setiap orang
Sekian, mohon bantuan jawabannya terimakasih
Wassalamu’alaikum

JAWABAN

1. Kalau di kawasan tersebut mayoritas hewan adalah bukan anjing, maka dugaan anda itu tidak dianggap. Dan kaki di situ dianggap kaki hewan lain.

2. Bekas kaki anjing tidak najis menurut madzhab Maliki. Baca detail:

Namun karena itu hanya dugaan anda, maka dugaan tidak dianggap.

3. Ya, kunci ikut najis.

4. Kalau najisnya basah maka menular. Kalau kering dan tidak berbekas maka tidak najis dan tidak menular menurut mazhab Maliki. Baca detail: Najis yang menular

SUAMI MEMENTINGKAN TEMAN DARI ISTRI

Assalamuaikum kak saya mau tanya apa hikum suami selalu mendahulukan temannya dari pada anak istrinya dan apa salah jika istri mengingatkan suami menyuruh sholat.

JAWABAN

Suami tentu juga ingin ada waktu untuk teman di samping untuk anak dan istri.

Selagi waktu untuk teman tidak mengganggu waktu untuk anak dan istri, maka itu bisa dipahami. Namun kalau tidak, maka istri bisa mengingatkan. Tentu cara mengingatkan harus baik dan tidak menimbulkan rasa marah dan tersinggung pada suami.

Intinya, suami dan istri harus sama-sama saling pengertian. Keduanya harus berusaha menyenangkan pasangannya.

Terkait shalat, istri tidak salah mengingatkan suaminya untuk shalat. Jangan lupa, pakailah kalimat yang baik dan waktu yang tepat. Karena, perbuatan baik bisa berakhir buruk kalau penyampaiannya tidak baik dan bijaksana. Baca detail: Cara Harmonis dalam Rumah Tangga

You may also like
Latest Posts from Islamiy.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *