Ucapan Semua Agama Mengajarkan Kebaikan

Ucapan Semua Agama Mengajarkan Kebaikan Apakah Berakibat Murtad?

Assalamualaikum pak ustad, suatu ketika di sebuah forum internet terjadi perdebatan antara saudara muslim dan orang2 non muslim , perdebatanya sudah ricuh,saling melempar kata kata kotor . lalu saya dengan maksut meredam suasana menuliskan komen. “Semua agama mengajarkan kebaikan (maksutnya kebaikan larangan mencuri /membunuh. ) saya baru sadar kalau tindakan saya salah. Karena agama yg di ridhai Allah hanya islam. Apakah saya menjadi murtad karena menuliskan kata kata tersebut pak ustad? Terima kasih.

JAWABAN

Menyebut semua agama adalah baik itu tidak berakibat murtad. Terutama kalau maksudnya adalah “menurut pemeluknya masing-masing. Dalam QS Al-An’am 5:108 Allah berfirman: “Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka.” (Kutipan lengkap lihat di bawah).

Al Quran sendiri memuji sebagian orang Kristen yang bersikap kasih dan santun. Dalam QS Al-Hadid 47:27 Allah berfirman

وَقَفَّيْنَا بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَآتَيْنَاهُ الْإِنجِيلَ وَجَعَلْنَا فِي قُلُوبِ الَّذِينَ اتَّبَعُوهُ رَأْفَةً وَرَحْمَةً

Artinya: “dan Kami berikan kepadanya Injil dan Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang.”

Menyatakan bahwa agama lain mengajarkan kebaikan (menurut pengikutnya masing-masing itu tidak salah.) Yang salah adalah apabila menyatakan bahwa “semua agama adalah benar.”

Karena, yang baik belum tentu benar. Sedangkan yang benar pasti baik. Dan Allah menegaskan bahwa hanya Islam agama yang benar dan diridhoi Allah. (QS Ali Imron 3:19).

Namun demikian, apabila anda ingin meningkatkan level keislaman anda maka hendaknya anda berusaha menghindari mengikuti perdebatan antara agama. Karena itu termasuk lingkungan yang buruk yang harus dijauhi. Baca detail: Menjauhi Lingkungan Pergaulan Buruk

Karena, Islam sendiri melarang umatnya untuk mencela agama lain. Dalam QS Al An’am 3:108 Allah berfirman:

وَلَا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِن دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ ۗ كَذَٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِم مَّرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُم بِمَا كَانُوا يَعْمَلُو

Artinya: Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka.

Termasuk lingkungan yang buruk yang dapat menghalangi seseorang menjadi muslim yang baik adalah (a) mengikuti ajaran Islam radikal seperti Wahabi Salafi dan Hizbut Tahrir. Karena radikalisme hanya akan mengajarkan kita kebencian bukan hanya pada nonmuslim, tapi juga pada sesama muslim.
Baca detail:
Fatwa Habib Rizieq tentang Wahabi dan Syiah
Wahabi, Apa itu?
Beda Aswaja, Salafi Wahabi, Hizbut Tahrir, Jamaah Tabligh
Beda Wahabi Salafi, Hizbut Tahrir, Jamaah Tabligh dan Syiah

(b) Lingkungan pendosa juga termasuk lingkungan buruk yang harus dijauhi. Termasuk dalam hal ini bacaan, foto, video yang menyebarkan energi negatif.

SULIT DAPAT PEKERJAAN

Assalamualikum Wr Wb

pak ustad saya mau nanya bagaimana cara mendapatkan pekerjaan dengan cepat ya pak saya sudah hampir putus asa pak karena setiap saya melamar pekerjaan gak ada dapet panggilan kadang ada juga selalu aja ada halangan saya terkadang mikir kenapa allah memberikan ujian yang sebenarnya saya tidak bisa pak karena saya harus mendapatkan pekerjaan karena saya punya tanggung jawab, padahal solat sunnah dan wajib sudah saya seringkan .

terima kasih

JAWABAN

Employer memiliki kriteria tertentu saat merekrut calon karyawan. Mungkin anda tidak memenuhi kriteria mereka. Oleh karena itu, jangan cuma mengandalkan rejeki dari bekerja pada orang lain. Cobalah membuat pekerjaan sendiri. Cara termudah dapat diawali dengan jualan barang apapun yang anda pikir dapat mudah laku dan sesuai dengan kemampuan finansial anda. Coba fokus di situ.

Selain itu, baca doa berikut agar dimudahkan rejeki anda dengan cara apapun yang halal: Doa mudah rejeki 

SETAN ADA DI SEMUA TEMPAT, APA MURTAD?

karena saya tidak tahu hukumnya saya ingin bertanya,yang ingin saya tanyakan
1.apakah muslim yang mengucapkan “setan ada di semua tempat” akan mendapat dosa murtad?

JAWABAN

1. Tidak murtad.
Baca detail:
Penyebab Murtad
Hukum Murtad

MIMPI BERTEMU IBU

Salam Ustaz,

Baru-baru ini saya bermimpi berada di dalam bilik bersama almarhum ibu dan seorang teman yang saya senangi (lelaki). Di dalam mimpi itu, saya menunjukkan pada almarhum ibu dan teman saya itu keadaan peha kanan yang luka dan berkudis seperti terbakar (kerana tiada kulit, warna daging yang kemerahan). Saya memberitahu almarhum ibu penyakit saya akan datang kembali seolah-olah kejadian peha terluka itu pernah berlaku. Tetapi sebenarnya saya tidak pernah mengalami keadaan itu, tetapi pernah menghadapi sakit yang lain.

Almarhum ibu menyuruh saya mengambil alquran. Lalu saya memakai tudung dan mengambil alquran. Kemudian saya bertanya pada almarhum ibu, hendak dibaca surah apa? Almarhum ibu menjawab, surah yassin. Lalu saya membuka alquran dan hendak membaca surah itu, tapi terus terbangun dari tidur. Saya sedari pukul 4.22 pagi.

Boleh ustaz terangkan, adakah mimpi ini mempunyai makna dan pesanan? Terima kasih.

JAWABAN

Menurut Ibnu Sirin dalam Tafsir Al-Ahlam, mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah mimpi yang baik yang menunjukkan akan ada perubahan dalam hidup anda ke arah yang lebih baik. Bisa saja bermakna anda akan menikah dengan pria yang anda sukai. Baca detail: Mimpi dalam Islam

Cara bertanya klik di sini!

You may also like
Latest Posts from Islamiy.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *